E-Market Place
MAKALAH
PENGEMBANGAN & IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI
“MARKET PLACE”
Dosen Pengampu :
Disusun Oleh :
Mardwi Siti
Kholifah (4114088)
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ‘ULUM JOMBANG
TAHUN AKADEMIK
2016/2017
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi
Maha Penyayang, Saya panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya,
yang telah melimpahkan rahmat, hidayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat
menyelesaikan Makalah MARKET PLACE ini.
Adapun makalah ini
telah saya usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan
berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk
itu saya tidak lupa menyampaikan banyak terima kasih kepada pihak
yang telah membantu saya dalam pembuatan makalah ini. Namun tidak
lepas dari semua itu, saya menyadari sepenuhnya bahwa ada kekurangan
baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan
lapang dada dan tangan terbuka saya membuka selebar-lebarnya bagi
pembaca yang ingin memberi saran dan kritik
kepada saya sehingga saya dapat memperbaiki makalah ini.
Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dari makalah
ini kita dapat mengambil hikmah dan manfaatnya sehingga dapat memberikan
inspirasi terhadap pembaca.
Jombang,
10 Mei 2016
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR
BELAKANG
Di
dalam dunia bisnis dewasa ini peranan
internet telah dirasakan semakin penting dan berarti, karena dengan melalui
internet pula para pelaku bisnis dapat melakukan transaksi bisnis secara online
dimanapun berada. Tanpa adanya internet, Semakin
berkembangnya teknologi dan beberapa perancangan penjualan online yang sudah tidak asing lagi, yaitu
dengan menggunakan website yang disebut market place. Adapun penjelasan
dari market place ini adalah sebuah tempat di mana
penjual dapat membuat akun dan menjajakan barang dagangannya secara online maupun langsung dengan prasarana websiteyang akan di rancang.
Dengan adanya online
marketplace ini, penjual
dan pembeli dapat saling memperoleh keuntungan karena online marketplace
ini dapat dijadikan ajang promosi bagi penjual, sedangkan pembeli dapat dengan
mudah memperoleh wadah komunikasi antara penjual dan pembeli. Kemudian
pembeli pun dapat mengurangi biaya pengeluaran untuk promosi karena dengan
menggunakan online marketplace,
pembeli tidak harus mengeluarkan biaya yang besar.
Adapun salah satu keuntungan berjualan di marketplace adalah penjual tidak perlu membuatsitus atau toko online pribadi. Penjual hanya perlu
menyediakan foto produk, mengunggahnya keE-Commerce tersebut, dan melengkapi foto
produk dengan deskripsi produk. Kemudian, jika ada pembeli yang membeli produk
tersebut, penjual akan diberi notifikasi oleh sistem dari E-Commerce yang dia gunakan.
1.2
RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan pembahasan latar belakang
diatas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1.
Pengertian
Market Place ?
2.
Kelebihan
dan kekurangan pada Market place?
3.
Perbedaan
Online Shop, E-Commerc, dan Market Place?
1.3
TUJUAN
Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui pengertian Market Place.
2. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pada market place.
3. Untuk mengetahui apa berbedaan dari
online shop, e-commerc, dan market
place.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN
MARKET PLACE
Marketplace merupakan
model bisnis yang mana website yang bersangkutan tidak hanya membantu
mempromosikan barang dagangan saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang
secara online. Pada sistem belanja online ini, sebuah website menyediakan lahan
atau tempat bagi para penjual untuk menjual produk-produknya. Di website
inilah kita akan menemukan produk dari penjual yang berbeda, ada juga beberapa
penjual dari online shop. Setiap produk yang terdapat dalam website tersebut
telah diberikan spesifikasi dan penjelasan kondisi produknya, sehingga pembeli
dapat langsung mengklik tombol “beli” kemudian melakukan transfer sejumlah
harga yang tercantum. Pada sistem belanja ini, penjual tidak melakukan tanya
jawab kepada pembeli dan tidak ada diskon ataupun tawar menawar seperti pada online
shop. Contoh dari marketplace diantaranya adalah tokopedia.com,
olx.co.id, bukalapak.com, dll.
Dalam keadaan seperti ini untuk mengembangkan bisnis melalui
internet tentu merupakan prospek yang sangat bagus. Saat ini masyarakat
tampaknya juga cukup nyaman berbelanja dengan hunting apa apa yang mereka butuhkan melalui
pasar online ini. Bahkan ketika saya sendiri mencoba masuk ke dalam ruang marketplace saya merasa nyaman
dan santai ketika saya harus menyeleksi dan mengamati baju yang akan saya
pilih. Tapi lain halnya ketika saya bererelanja di toko toko pakaian, saya
merasa risih karena si karyawan selalu mmbuntuti saya ketika saya sedang
memilih baju mana yang akan saya beli.
Sebenarnya fitur
ini telah memberikan banyak kemudahan bagi para konsumen di dunia online shop.
Banyanknya marketplace yang
muncul di dunia internet benar benar memanjakan para konsumen. Melihat lihat
produk yang ditawarkan dimarketplace secara
bebas akan memberikan rasa nyaman bagi calon pembeli. Apalagi media internet
yang bebas akses memberikan waktu 24 jam bagi para pengunjung sehingga mereka
bisa datang kapan pun mereka mau. Kemudahan yang lain adalah pengunjung bebas
membandingkan produk yang satu dengan yang lain sebelum mereka menentukan
barang yang hendak di beli.
Hal ini sangat
penting bagi kosumen karena pemilihan barang yang tepat akan memberikan
kepuasan tersendiri bagi mereka. Semakin banyak pilihan justru semakin menarik
bagi pembeli. Hal yang paling dibanding bandingkan dalam produk yang akan
dibeli adalah kualitas barang dan harga barang. Maka dari itu jika anda
merupakan pelaku bisnis yang memanfaatkan marketplace hendaknya
banyak ide untuk menarik pembeli, seperti memberikan diskon, menjaga kualitas
barang dan lain lain.
Selain itu jaminan transaksi yang sangat dibutuhkan oleh konsumen juga bisa di dapatkan melalui marketplace. Jaminan yang satu ini memang sudah sepantasnya dianggap penting karena transaksi di dunia internet merupakan transaksi online yang sangat rawan penipuan. Dalam hal ini biasanya konsumen mendapatkan jaminan jika uang sudah dutransfer tapi barang belum juga datang maka uang konsumen akan dikembalikan. Jika ada keluhan barang yang tidak sesuai dengan harapan pembeli maka biasanya produsen akan bertanggung jawab dan siap mengganti dengan produk yang lain.
Selain itu jaminan transaksi yang sangat dibutuhkan oleh konsumen juga bisa di dapatkan melalui marketplace. Jaminan yang satu ini memang sudah sepantasnya dianggap penting karena transaksi di dunia internet merupakan transaksi online yang sangat rawan penipuan. Dalam hal ini biasanya konsumen mendapatkan jaminan jika uang sudah dutransfer tapi barang belum juga datang maka uang konsumen akan dikembalikan. Jika ada keluhan barang yang tidak sesuai dengan harapan pembeli maka biasanya produsen akan bertanggung jawab dan siap mengganti dengan produk yang lain.
2.2 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MARKET
PLACE
I.
Kelebihan Market Place
·
Berdagang di Marketplace sangat mudah apalagi bagi Anda pengusaha pemula
yang belum memiliki sistem dan prasarana penjualan. Anda hanya perlu membuka
akun, memposting dagangan Anda lalu memberikan keterangan.
·
Sistem marketplace telah banyak dipercaya para pembeli karena jaminan
transaksi, rekening bersama, dan banyak pilihan produk yang tersedia sehingga
para calon pembeli pasti akan melihat dengan sendirinya membuka dan
memilih-milih termasuk melihat barang dagangan Anda
·
Banyaknya pedagang juga dapat Anda manfaatkan untuk memperluas jaringan.
·
Adanya promosi gratis dari marketplace pun akan meminimalisir biaya
marketing Anda
I I. Kekurangan Market Place
·
Banyaknya para pedagang bahkan dengan jenis dagangan yang sama membuat
marketplace sebagai wadah persaingan terbuka antar penjual. Hal ini mungkin
akan membuat barang yang anda tawarkan sulit terjual. Namun hal tersebut dapat
diatasi dengan cara berikut. Manage-lah akun jual-beli anda dengan baik.
Management akun marketplace yang baik seperti pelayanan fast response, jujur
dan detail dalam memberikan deskripsi produk serta ramah dalam pelayanan.
· Banyaknya pedagang juga
meminimalisir promosi produk Anda secara terfokus. Karena semua pedagang akan
berebutan untuk Iklan. Fitur searching pun tidak hanya berfokus pada produk
kita saja. Pembeli dapat dengan mudah beralih ke produk lain karena banyaknya
produk yang ditampilkan dari berbagai penjual.
·
Keberlangsungan roda penjualan dan pembelian di marketplace sangat
bergantung pada pengelola. Bisa saja situs tersebut tutup atau membuat
kebijakan baru yang merugikan Anda sehingga dengan sistem ini memang penjual
tidak memiliki kuasa penuh. Dan yang terkenal pun adalah situs tersebut, bukan
produk Anda. Anda tidak dapat memperkuat branding produk Anda jika menggunakan
sistem ini.
2.3
PERBEDAAN ONLINE SHOP, E-COMMERC, dan
MARKET PLACE
I.
Pengertian Online Shop
·
Sebagian besar orang akan berpendapat segala
aktivitas belanja yang dilakukan secara online dapat dilakukan di online
shop. Pada kenyataannya, tidak hanya melalui online shop, namun kita juga bisa
belanja melalui e-commerce dan marketplace. Online shop atau yang disebut
dengan toko online adalah sistem belanja online yang mana pembeli dapat
menanyakan harga atau pertanyaan apapun terkait produk kepada penjual secara
langsung, dapat melalui BBM, LINE, atau Whatsapp. Di beberapa online shop,
biasanya akan ada diskon setelah pembeli sering berlangganan pada online shop
tersebut. Ada juga online shop yang masih memberlakukan tawar menawar harga
suatu produknya. Contoh dari online shop ini sering dijumpai di Facebook dan
Instagram. Online shop yang sering dijumpai di Facebook misalnya LakuBgt.
II.
Pengertian E-Commerce
·
Sistem belanja e-commerce hampir sama dengan
marketplace, yaitu pembeli tinggal memilih barang yang diinginkan pada sebuah
website, kemudian mengklik tombol “beli” dan melakukan transfer sejumlah harga
yang tercantum. Bedanya adalah pada e-commerce, barang ataupun produk yang
dijual berasal dari website itu sendiri. Ia tidak membuka lahan atau tempat
bagi para penjual lain untuk menjajakan produk mereka. Tidak ada tawar menawar
dan harga yang diberikan adalah harga pas. Contoh dari e-commerce misalnya zalora.com,
berrybenka.com, dll.
III. Pengertian
Marketplace
·
Marketplace adalah model bisnis yang mana
website yang bersangkutan tidak hanya membantu mempromosikan barang dagangan
saja, tapi juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Pada sistem belanja
online ini, sebuah website menyediakan lahan atau tempat bagi para
penjual untuk menjual produk-produknya. Di website inilah kita akan menemukan
produk dari penjual yang berbeda, ada juga beberapa penjual dari online shop.
Setiap produk yang terdapat dalam website tersebut telah diberikan spesifikasi
dan penjelasan kondisi produknya, sehingga pembeli dapat langsung mengklik
tombol “beli” kemudian melakukan transfer sejumlah harga yang tercantum. Pada
sistem belanja ini, penjual tidak melakukan tanya jawab kepada pembeli dan
tidak ada diskon ataupun tawar menawar seperti pada online shop. Contoh
dari marketplace diantaranya adalah tokopedia.com, olx.co.id,
bukalapak.com, dll.
BAB
III
PENUTUP
Marketplace adalah suatu
tempat di internet dimana banyak pihak berkumpul untuk melakukan proses
transaksi jual beli, ada yang ingin mencari suatu barang dan ada pihak lain
yang sedang ingin menjual barang.Konsep marketplace bisa dianalogikan seperti
pasar tradisional dimana banyak orang berkumpul di tempat tersebut untuk
melakukan transaksi jual beli. Pihak penyedia marketplace bertindak sebagai
fasilitator yang mewadahi pertemuan dan transaksi legal antara pihak penjual
dan pihak pembeli.Perkembangan bisnis marketplace juga tidak hanya terbatas
pada penjualan produk saja, namun juga sudah mulai merambah ke bidang jasa dan
penyediaan tenaga freelance. Beberapa startup seperti gobann.com dan
Sribulancer menjadi contoh bahwa marketplace akan tersedianya tenaga kerja
freelance yang kreatif dan handal kini sangat dibutuhkan di Indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar